About

Kamis, 03 November 2016

Membuat Jaringan LAN kecil di Cisco Packet Tracer

Membuat jaringan kecil LAN di Cisco Packet Tracer Yapss bertemu dengan saya Muhamad Fikri lagi yaa ,Kali ini saya akan sharing tentang membuat jaringan LAN kecil di Cisco Packet Tracer..
Pertama ingat dahulu ,bahwa ini hanya membuat antar PC terhubung, bukan membuat nya terhubung ke internet!!

Pertama kita buat dulu topology-nya, sebenarnya ini terserah kalian saja ,tetapi saya membuat topology seperti ini..

Yapss setelah itu kita masuk ke masing-masing PC dan beri mereka IP address untuk pengalamatannya ,seperti ini yapss..

Lalu ,kita masukkan IP address nya ya,langsung saja saya beri contohnya seperti ini

Lalu kalina bisa memasukkan IP address nya terserah kalian.. Sebagai contoh saya memasukkan IP address 192.16.5.2 untuk host(PC) pertama dan subnetnya 255.255.255.0.. Seperti ini contohnya

Jangan lupa setting IP addres juga di host yang lain ,karena komputer tidak akan sendirian bukan?? :v ..
Oh ya ,saat setting IP address yang lain jangan ada yang sama ,nanti bentrok alamatnya dan akibatnya akan bingung untuk mencari mana alamat yang mempunyai IP tersebut.. :v
Sebagai contoh Yang pertama tadi IP nya 192.16.5.2 ,untuk host kedua menggunakan IP 192.16.5.3 ,dan begitu seterusnya.. Subnet nya harus sama yaa !!!


Kalo sudah selesai setting semua IP address ,kita check apakah sudah berhasil konfigurasi nya, kita check nya dengan menggunakan ping yap ,pertama masuk dahulu ke commad prompt yang ada di PC ,ingat PC yg di topology bukan PC yang anda gunakan :v.. Saya contohkan seperti ini, pertama masuk ke command promt nya dahulu

Setelah itu kita masukkan command ping ke mana saja ya terserah ,contoh ping 192.16.5.3

Yapss setelah memasukkan command nya ,coba saja tekan enter ,kalau berhasil akan ada reply/balasan dari PC yang td di-ping seperti ini..

Yapss jika sudah seperti itu ,itu berarti semuanya sudah terhubung yaa kawann..:v
Yaaaa sekian dulu sharing yang dapat saya bagikan ,lain kali kita akan berjumpa lagi ya di sharing-sharing lainnya :v.. Semoga bermanfaat untuk kawan2 sekalian.. Wassalamu'alaikum wr.wb..

Salam Networking
Created by : Muhamad Fikri

0 komentar:

Posting Komentar